Minggu, 02 Desember 2012

TIPE JARINGAN BERDASARKAN CARA PEMROSESAN DATA

TIPE JARINGAN BERDASARKAN CARA PEMROSESAN DATA

1. Host -Terminal

   Dimana terdapat sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam suatu dumb terminal . Krena Dumb Terminal hanyalah sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232, maka pemprosesan data dilakukan dalam server, oleh karna itu maka suatu server haruslah sebuah sistem komputer yang memiliki kemampuan pemprosesan data yang tinggi dan penyimpanan data yang sangat besar.

2. Clien-Server

Dimana sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa client. Server bertugas menyediakan layanan, bermacam-macam jenis layanan yang dapat diberikan oleh server, misalnya adalah pengaksesan berkas, peripheral, database, dsb. Sedangkan client adalah sebuah terminal yang menggunakan layanan tsb. Perbedaannya dengan hubungan dumb terminal , sebuah terminal client melakukan pemrosesan data di terminalnya sendiri dan hal itu menyebabkan spesifikasi dari server tidaklah harus memiliki performansi yang tinggi, dan kapasitas penyimpanan data yang besar karena semua pemrosesan data yang merupakan permintaan dari client dilakukan di terminal client.

Kelebihan koneksi dengan  client server antara lain sebagai berikut .
a. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaanya di lakukan secara khusus oleh satu komputer sebagai workstation.
b. Sistem keamanan dan administrasssi lebih baik, karena terdapat seorang pemakai  yang bertugas sebagai administrator,yang mengelola administrasi dan sistem keamana jaringan.
c. Sistem back-up data lebih baik , karena back up pada jaringan clien server dilakukan terpusat di server yang akan memback-up data. Pemeliharaan data  juga menjadi lebih mudah karena data tidak tersebar di beberapa komputer.

Kelemahan koneksi dengan client-server , antara lain sbb :
a. Biaya operasional relatif lebih mahal .
b. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk di tugaskan sebagai server.
c. Kelangsungan jaringan sangat tergantung dengan server, apabila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu .

3. Peer to Peer

  Dimana terdapat beberapa terminal komputer yang di hubungkan dengan media kabel. Secara prinsip , hubungan peer to peer ini adalah bahwa setip kompuer dapat berfungsi sebagai server(penyedia layanan) dan client , keduanya dapat difungsikan dalam suatu waktu yang bersamaan .

Kelebihan koneksi jaringan dengan peer to peer antara lain sbb.
a. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi untuk dapat memakai fasilitas yang di milikinya seperti : harddisk,drive,fax/modem , dan printer.
b. Biaya operasional lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan client server, karena tidak memerlukan server yang mempunyai kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan .
c. Tidak memrlukan investasi tambahan untuk pembelian hardware dan software server.

d. kelangsungan kerja jaringan tidak bergantung pada satu server , sehingga bila salah satu kompuer mati/rusak maka tidak akan memengaruhi jaringan secara keseluruhan.

Kelemahan koneksi jaringan dengan  peer to peer adalah sbb.
a. Troublleshooting jaringan relatif sulit, karena jaringan peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi data.
b. Sharing sumber data pada suatu komputer di dalam jaringan akan membebani kerja dari komputer tsb.
c.Untuk sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing pemakai dengan mengatur fasilitas keamanan yang dipakai.
d. Karena data tersebar pada banyak komputer , maka back up  data harus dilakukan oleh masing-masimg komputer tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar